Sejarah dan Perkembangan Unity Game Engine di tahun 2023

Sahabat Idngames, kali ini saya akan membahas Unity Game Engine lebih detail. Perangkat lunak yang sangat populer untuk mengembangkan game dan media interaktif lainnya.

Sejarah Mesin Game Unity

Unity Technologies didirikan di Kopenhagen, Denmark pada tahun 2004 dengan David Helgason sebagai CEO, Nicholas Francis sebagai CTO, dan Joachim Ante sebagai CTO. Unity Technologies menerima investasi pertama dari Sequoia Capital, WestSummit Capital, dan iGlobe Partners.

Pada tahun 2008, Unity menjadi game engine pertama yang mendukung penuh platform iPhone. Pada tahun 2009, Unity mulai merilis produk mereka secara gratis. Pada April 2012, Unity mendapatkan popularitas di antara lebih dari 1 juta developer.

Pada tahun 2019, Unity Technologies bernilai US$6 miliar dan menerima tambahan suntikan modal sebesar US$525 juta. Investasi ini digunakan untuk memperluas sepenuhnya platform pengembangan 3D real-time untuk pembuat konten di industri game dan industri lainnya (otomotif, konstruksi, dll.).

Pada tahun 2020, tepatnya bulan Maret, Unity Technologies mengakuisisi sebuah perusahaan bernama Artomatix. Sebuah perusahaan yang berfokus pada pembuatan karya seni berbantuan AI untuk mengatasi tantangan dalam membuat dan menskalakan konten berkualitas tinggi, memberi seniman 3D lebih banyak waktu untuk fokus pada kreativitas.

Peraturan seragam

Games

Unity pertama kali digunakan secara luas dan digunakan untuk membuat game. Dengan fitur yang lengkap dan editor yang disediakan memudahkan developer game untuk membuat game yang diinginkan. Menyediakan semua yang dibutuhkan pengembang untuk membuat game.

Game yang bisa dibuat dengan Unity hampir semua jenis game:

• Game konsol dan PC

• permainan seluler

• Pemutaran instan

• Game AR dan VR

Sedangkan fungsi spesifik yang sangat berguna adalah:

• Pipa Render Definisi Tinggi (HDRP)

• Pipa rendering universal

• Tumpukan Teknologi Berorientasi Data (DOTS)

• Cetakan

• Diagnostik Awan

• Bagikan grafik

• Persatuan dan fisika Havok

• alat 2D

Unity bahkan menawarkan berbagai fitur untuk mendukung operasi dan monetisasi, seperti:

• Server permainan multipemain

• deltaDNA untuk tujuan keterlibatan pribadi

• permainan banyak pemain

• Layanan suara dan obrolan

• Alat Operasi Langsung

• Akuisisi pengguna (diinstal di 1,5 miliar perangkat)

• Bisnis seluler

• Unity iklan untuk monetisasi

Otomotif, Transportasi, Manufaktur

Selanjutnya, Unity kini bisa digunakan di area selain game, yaitu otomotif, transportasi, dan manufaktur. Setidaknya beberapa pabrikan telah menjalin kerja sama, seperti Audi dan Toyota. Beberapa produk Unity yang dapat digunakan di area ini adalah:

• Persatuan Pro

• Perusahaan terpadu

• Refleksi terpadu

• Simulasi Terpadu

• Bersatu Mars

• Mesin seni kesatuan

• amarah

• Perangkat HMI

Contoh sukses penggunaan Unity adalah Autoliv, salah satu pemasok mobil aman terbesar. Mereka menggunakan teknologi 3D real-time untuk visualisasi produk modern dan membuat hasilnya tersedia untuk berbagai divisi dan distributor mereka di seluruh dunia.

Film & Animasi

Kedua, Unity juga bisa digunakan di bidang film dan animasi. Salah satu kelebihannya adalah Unity dapat digunakan untuk membuat, mengulang, dan berkolaborasi secara real time. Unity memungkinkan artis, produser, dan sutradara untuk bekerja sama.

Fungsi yang sangat berguna adalah:

• Integrasi dengan berbagai DCC (alembix, USD, FBX, dll.)

• Render visual berkualitas tinggi menggunakan HDRP

• Edit animasi dengan alat yang familiar

• Gunakan pratinjau kami untuk perekaman bingkai akhir

Menurut B. Water Studios, unity telah meningkatkan kecepatan kerja mereka sebesar 40%. Menurut Wise Blue, dengan menggunakan Unity, mereka dapat berproduksi lebih cepat dari bulan ke hari. Di saat yang sama, dengan menggunakan Unity’s Oats Studio memangkas proses produksi mereka dari 1 tahun menjadi hanya 5 bulan.

Arsitektur, Rekayasa & Konstruksi

Bidang berikutnya adalah arsitektur, teknik dan konstruksi. Berbagai studi kasus yang menggunakan Unity sebagai alat di area ini meliputi:

• Mortenson membuat VR interaktif menggunakan Unity untuk mensimulasikan desain baru secara interaktif dalam ruang 3D. Ini akan memungkinkan iterasi lebih cepat, kualitas lebih baik, dan biaya lebih rendah.

• Skansa menggunakan Unity untuk menjadikan AR dan VR sebagai program pelatihan keselamatan.

• AEC menggunakan Unity sebagai alat untuk membuat XR untuk visualisasi real-time dalam penjualan dan pemasaran.


Posted

in

, ,

by